Ikuti Kami di :            

Hukum Ekonomi Syari'ah

Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo

Jl. Batoro Katong No. 32 Ponorogo, Telp. (0352) 461037

Dema Fakultas Syariah INSURI Semarakkan Gebyar Ekonomi Syariah

March, 19 2019 09:59
Oleh Humas INSURI Po

Sabtu (09/02) Semakin pesatnya dampak globalisasi di dunia internasional kini terus dirasa oleh setiap generasi. Segala bentuk upaya guna mengimbangi persaingan global yang terus melanda terutama di negara Indonesia kini tidak dapat diukur dengan satu materi. Sudah sepantasnya sebagai generasi millenial untuk mampu mengejawantahkan potensi yang dimiliki guna mempertahankan eksistensi diri ke dalam jurang peradaban bangsa yang terus menuntut kemajuan. Itulah sebabnya, berbagai sektor di bidang pendidikan, ekonomi, sosial, politik, ilmu pengetahuan, dan teknologi dituntut melaju cepat untuk mempertahankan stabilitas ketahanan bangsa dari negara-negara di belahan internasional.

Menyikapi hal demikian, sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi Islam yang mendapat mandat mencerdaskan generasi muda, membangun karakter, keseimbangan ilmu pengetahuan dan ketakawaan, INSURI Ponorogo terus berupaya melakukan beberapa kegiatan baik di bidang akademik maupun kemahasiswaan. INSURI Ponorogo melalui dema fakultas Syariah di pekan awal Februari 2019 ini telah berupaya menjaring siswa dan siswi terbaik MA/SMA/SMK di kabupaten Ponorogo di bidang ekonomi Islam melalui kegiatan perlombaan bertema “Tantangan Ekonomi Islam di Era Digital”. Kegiatan dilaksanakan sekaligus memperingati Dies Maulidiyyah INSURI yang ke-50 ini dibagi dalam dua katagori yakni lomba cerdas cermat bidang Ekonomi Islam dan lomba debat Ekonomi Islam. Setiap perwakilan siswa dan siswi MA/SMA/SMK mengikuti ajang perlombaan sesuai dengan opsi masing-masing. Misi dari kegiatan ini diantaranya untuk menyiapkan generasi muda yang antusias pada perkembangan ekonomi Islam di era Digital. Sebagai siswa sekolah menengah yang sebentar lagi hendak terjun ke dalam dunia pendidikan tinggi maupun dunia kerja harus mempunyai bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Melalui pengetahuan di bidang ekonomi Islam, minimal siswa mampu mengukur kemampuan pribadi untuk ke depannya di tengah persaingan global.

Perlombaan yang dilaksanakan di Aswaja Hall ini tampak semarak ketika perwakilan dari peserta lomba masing-masing mengeluarkan gagasan pendapat yang logis dan kritis di bidang ekonomi Islam. Tampak beberapa dosen fakultas Syariah INSURI Suad Fikriawan, M.A, Nafi’ah, S.H.I.,M.E.Sy, Fitra Rizal, M.E.I, dan Diyan Putri Ayu, S.H.I.,M.Sy. menjadi juri dalam kegiatan tersebut. Di perlombaan cerdas cermat, juara I diraih oleh siswa-siswi SMAN 2 Ponorogo, juara II dari perwakilan siswa-siswi MA Al-Azhar Sampung Ponorogo, dan juara III diraih oleh siswa-siswi MA Al-Hikmah Ngrayun Ponorogo. Sedangkan, di perlombaan Debat Ekonomi, juara I diraih oleh perwakilan siswa-siswi MA Al-Hikmah Ngrayun Ponorogo, juara II siswa-siswi MAN 2 Ponorogo, dan juara III oleh siswa-siswi MAN 2 Ponorogo.***